Senin, 19 November 2012

Matahari sebagai Pusat Tata Surya



Matahari adalah sebuah bintang yang tidak berbeda dengan bintang lainnya yang berkilau di malam hari, yang memancarkan sumber energi sendiri ke segala arah. Matahari bukanlah bintang yang istimewa, hanya saja jaraknya yang terdekat dengan bumi sekitar 149.500.000 km, matahari terlihat jauh lebih besar dibandingkan dengan bintang lainnya.


1.      Statistik Fisik Matahari
a.       Massa matahari adalah 1,99 x 1030 kg lebih dari 99% massa total tata surya dan sekitar 330.000 kali massa bumi.
b.      Jari-jari matahari di ekuator sepanjang 695.000 km atau 108,97 jari-jari bumi.
c.       Temperatur permukaan matahari adalah 6.000oC.
d.      Magnitudo (tingkat kecemerlangan) adalah -26,8.
e.       Matahari berotasi dengan kecepatan yang tidak sama antara bagian kutub dengan bagian ekuator. Di bagian ekuator periode rotasi matahari adalah 27 hari, sementara di bagian kutub periode rotasinya adalah 30 hari.


2.      Bagian-bagian Matahari
Matahari terdiri dari tiga bagian terpenting, yaitu: 1). Bagian dalam/interior Matahari 2). Permukaan Matahari (fotosfer) dan 3) Kromosfer.
a.       Bagian dalam/interior Matahari
Basgian dalam matahari diperkirakan berdiameter 500.000 km yang terdiri dari inti matahari, daerah radiaktif, dan daerah konveksi. Di bagian inti terjadi reaksi termonuklir yang mengubah atom hidrogen menjadi helium. Reaksi inti menghasilkan energi yang akan dilepas oleh matahari. Temperature inti matahari mencapai sekitar 15.000.000o K dengan kerapatan yang sangat besar. Energi yang dihasilkan di bagian inti secara radiasi dipancarkan melalui daerah radiatif ke daerah konveksi yang dilanjutkan ke permukaan matahari di permukaan matahari temperaturnya turun menjadi 5.700o K.
 
b.      Permukaan Matahari (fotosfer)
Fotosfer terdiri atas gas padat yang terlihat sebagai bola perak yang berkilauan. Lapisan ini mendapatkan energi dari bagian bawahnya dengan temperatur sekitar 6.000o K. Pada permukaan mataharui terlihat adanya bintik-bintik hitam (sunspot) fakula dan granula. Bintik-bintik hitam matahari merupakan daerah fotosfer yang memiliki medan magnet yang kuat dengan temperatur sekitar 3.6000o K. bintik hitam matahari terdiri atas bagian tengah yang gelap disebut umbra dan bagian tepi yang kurang gelap disebut hydrogen penumbra. Fakula merupakan awan hidrogen yang tampak seperti benang-benang gelap di permukaan matahari. Fakula juga merupakan manifestasi dari medan magnet, hanya saja medan magnetnya lebih lemah dari medan magnet di bintik matahari. Granula tampak sel-sel yang menutupi permukaan matahari. Granula terjadi akibat proses konveksi yang muncul ke permukaan matahari sebagai panas kemudian mendingin dan kembali lagi ke bawah. Granula diperkirakan berdiameter sekitar 1.000 km.

c.       Kromosfer
Kromosfer terletak di atas fotosfer dengan ketebalan sekitar 8.000 km. kromosfer terlihat berwarna merah, temperatur di bagian bawah kromosfer sama dengan temperature di fotosfer, sedangkan di bagian atasnya temperaturnya dapat mencapai 100.000o K.
Kromosfer yang menjulang tinggi sampai lapisan terluar dari matahari dinamakan korona dan korona inilah yang merupakan bagian terindah yang dapat dilihat ketika terjadi gerhana matahari total. Diantara lapisan kromosfer dan korona kadangkala terjadi semburan api yang tinggi dan dapat mencapai ribuan kilometer yang disebut dengan prominens (prominences). Prominens berasal dari m prominensteri matahari yang dihamburkan oleh matahari, selain itu juga terjadi ledakan-ledakan berupa semburan gas panas dengan energi yang sangat besar prominens dan berasal dari bintik-bintik matahari.

Catatan:
  1. Materi disadur dari Buku Geografi SMA kelas X karangan Marah Uli dan Asep Mulyadi penerbit esis Jakarta.
  2. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang matahari sebagai pusat tata surya silakan browsing melalui http://.www.google.co.id dengan mengetik kalimat/kata matahari sebagai pusat tata surya pada kotak yang tersedia. 
            Jawablah pertanyaan berikut, selanjutnya kirimkan jawabanmu melalui komentar pada masing-masing homepage dari website http://www.mariacecil70.blogspot.com

       Pertanyaan:

1.      Matahari merupakan pusat dari tata surya, sebutkan karakteristiknya.
2.      Jelaskan tentang struktur matahari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar