Jumat, 23 November 2012

JAGAT RAYA DAN TATA SURYA


Pengertian jagat raya
1. yang disebut jaagat raya, alam semesta atau antariksa yaitu yang meluas ke segala arah, tidak terhingga, tetapi ada batas-batasnya yang belum dapat diketahui.
2. jagat raya di duga bentuknya melengkung dan dalam keadaan memuai.
3. jagat raya terdiri dari galaksi-galaksi atau sistem-sistem bintang yang jumlahnya ribuan. Salah satu diantaranya adalah galaksi bimasakti.
4. galaksi-galaksi terdiri atas benda-benda langit yang ada, yang membentuk sistem bintang yang kecil-kecil. Salah satu anggota dari tata surya adalah plnet bumi.



Telah diketahui bahwa didalam antariksa atau jagat raya terdapat ribuan galaksi-galaksi lain yang merupakan kepulauan-kepulauan bintang, dan dalah satu diantaranya, yaitu jalan susu atau kali serayu atau Bimasakti. Jelaslah, bahwa susunan atau isi jagat raya adalah kabut-kabut ekstra galaksi, sedang bintang-bintang atau benda langit hanyalah kelompok kabut ini. Jadi jagat raya adalah ruangan yang maha luas,yang tak dapat diketahui atau di bayangkan luasnya. Namun demikian, menurut para ahli dari hasil penelitian mereka dapat menyatakan, bahwa ruangan jagat raya ini luasnya ada batas-batasnya juga, bentuknya melengkung dan keadaan memuai.Galaksi adalah kumpulan bintang, planet, gas, debu, nebula dan benda-benda langit lainnya yang membentuk “pulau-pulau” di dalam ruang hampa jagat raya.
Secara umum bentuk-bentuk galaksi dibedakan menjadi 4 macam, yakni :
a. Bentuk spiral. Galaksi ini mempunyai roda-roda Chaterina, dengan lengan-lengan berbentuk spiral keluar dari pusat yang terang.
b. Bentuk spiral berparang. Lengan-lengan spiral galaksi ini keluar dari bagian ujung suatu pusat kira-kira 18% dari jumlah galaksi merupakan spiral-spiral ataupun spiral yang terpotong.
c. Bentuk elips. Galaksi ini berbentuk elips, mulai dari bentuk hampir menyerupai bola kaki, sampai pada bentuk yang sangat lonjong seperti bola rugby (Jumlahnya kira-kira 18%).
d. Bentuk tak beraturan. Kira-kira 4% dari jumlah galaksi berbentuk tak beraturan atau tidak mempunyai bentuk tertentu.

Ciri-ciri Galaksi:
a. Galaksi mempunyai cahaya sendiri bukan cahaya pantulan.
b. Galaksi-galaksi lainnya dapat terlihat berada di luar Galaksi Bimasakti.
c. Jarak antara galaksi yang satu dengan yang lainnya jutaan tahun cahaya.
d. Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu, misalnya : bentuk spiral, bentuk elips, dan bentuk tidak beraturan (irregular Galaxis).

Menurut para ahli astronomi, raung antara galaksi yang satu dengan galaksi yang lainnya tidak kosong tetapi mengandung materi yang disebut zat inter galaxi seperti zat interstellair yang terdiri dari proton, elektron dan ion lain yang bergerak simpang siur dalam jagat raya ini.

Ada beberapa macam galaksi yang sudah diketahui manusia, antara lain sebagai berikut:
a. Galaksi Bimasakti
Galaksi Bimasakti merupakan galaksi dimana bumi berada. Galaksi ini memiliki bentuk spiral dengan diameter kira-kira 100.000 tahun cahaya.
b. Galaksi Magellan
Galaksi magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi Bimasakti. Jaraknya kurang lebih 150.000 tahun cahaya dan berada di belahan langit selatan.
c. Galaksi Ursa Mayor
Galaksi ursa mayor berjarak 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti. Bentuk Galaksi Ursa Mayor adalah elips dan rapat.
d. Galaksi Jauh
Galaksi-galaksi yang terletak lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti termasuk galaksi jauh. Contoh galaksi jauh yaitu: Galaksi Silvery, Triangulum dan Whirlpool. 

Catatan:
  1.  Materi disadur dari http://kunopol.blogspot.com/2011/01/jagat-raya-dan-tata-surya.html  
  2. Untuk melengkapi pengetahuan anda, silakan browsing melalui http//:www.google.co.id dengan mengetik kata jagat raya
  3. atau ke URL http://themahir.blogspot.com/2011/09/jagat-raya-dan-tata-surya.html
 
Jawablah pertanyaan berikut, selanjutnya kirimkan jawabanmu melalui komentar pada masing-masing homepage dari website http://www.mariacecil70.blogspot.com
Pertanyaan:
   1.      Jelaskan pengetahuanmu tentang jagat raya.
   2.      Apa yang kamu ketahui tentang galaksi, jelaskan ciri-cirinya dan sebutkan beberapa galaksi yang kamu ketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar